Blankon dalam keseharian

Salah satu indikator keberhasilan penerapan FOSS di masyarakat adalah pemanfaatan ICT berbasis FOSS dalam kegiatan sehari-hari. Dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan untuk diterapkan ketika mengalami sebuah problem atau hal-hal yang belum pernah diketahuinya.

Saya akan memberikan contoh sederhana :

Kemarin sore, saya membeli sebuah kubus ajaib aka rubik. Sekedar iseng sih karena tempat rubik itu dijual bersebelahan dengan mainan anak yang saya beli.

Rubik

Rubik

Sampai di rumah, si runa langsung mengacak-acak rubik tersebut, dan saya mencoba menyelesaikan rubik yang kacau tersebut agar rapi kembali. Siyalnya, itu pertama kali saya utak-atik rubik. Alhasil, sampai artikel ini diposting, saya belum bisa menyelesaikannya.๐Ÿ˜€

Karena merasa kecapekan mikir, tidak ada salahnya saya mencoba mempelajari permainan rubik dari internet. Langsung nyalakan laptop compaq presario m2000 bernyawa linux blankon, buka shiretoko dan masukkan kata ‘bermain rubik’.

Sekitar 3 detik, langsung nongol hasil pencarian dari mbah google. Disitu saya menemukan link http://virkill.com/ yang memuat artikel-artikel bagaimana memulai memainkan rubik.

Trik Bermain Rubik

Trik Bermain Rubik

Artikel tersebut langsung saya salin dan tempelkan ke OpenOffice.org Writer agar bisa dicetak dan dipelajari bersama rekan-rekan ketika suntuk mengerjakan tugas kantor. Hehehe.

Di website tersebut juga tersedia aplikasi tentang permainan rubik yang bisa didownlod bebas dan dipasang di blankon bertubuh compaq tua ini.

Tidak berhenti disitu saja, saya meng-unggah foto-foto rubik dan mainan lainnya dengan memanfaatkan Picasa yang sudah tertanam di blankon. Sehingga foto-foto tersebut bisa dilihat oleh rekan-rekan lainnya.

Picasa di BlankOn

Picasa di BlankOn

Jadi… Selamat bersenang-senang deh dengan blankon Anda. ^_^

6 thoughts on “Blankon dalam keseharian

    • Aseli buatan China. Cuman 14rebu doank.๐Ÿ™‚
      Wong saya masih tahap belajar kok langsung berburu yang aseli. Ini aja belom bisa-bisa. Udah mau bongkar ulang aja. hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s