Pi Zero sebagai Tukang Periksa (Bot)

Bojongbot - Pi Zero

Saya memasang beberapa cctv berbeda merek, baik yang berjenis ip cam maupun yang analog dengan dvr. Kesemuanya terhubung ke 1 server shinobi video yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya. Nah, beberapa perabotan itu tentunya memiliki IP, dan ada beberapa yang suka ngambek, gak hidup. Di-ping juga gak respon. Agak susah kalau tidak mengetahuinya. Kapan hari ada insiden panci presto meledak, namun cctv di area dapur pas heng. Jadi tidak ketahuan prosesnya.

Setelah kemarin ngoprek-ngoprek ARM (lagi setelah sekian lama), saya jadi inget punya beberapa perabotan arm yang tidak kepakai, salah satunya pi zero. Ya sudah itu aja dimanfaatkan jadi mesin bot. Tugasnya cuma kirim ping ke beberapa perangkat yang ada di daftar, jika gak ngasih balikan, ngirim pesan ke telegram via bot telegram.

Kodenya ada di https://github.com/princeofgiri/bojongbot.

Bot beraksi

Ada beberapa yang nanya, kenapa gak pakai ESP32 aja? Jawabannya sebagai berikut:

  1. Saya belum pernah ngoprek ESP32, baru order, belum datang saat tulisan ini dibuat
  2. Memanfaatkan yang sudah ada, jadi tinggal pakai gak perlu beli-beli
  3. Saya sangat familiar dengan linux dan bash, jadi ndak ribet bahasa pemrograman lainnya

Kepinginnya sih nanti botnya jadi tambah pinter, kulkas di rumah sepertinya ada API, bisa diintip nanti-nanti.

Leave a comment