Server CCTV dengan Shinobi Video – Bag. 2, Pemasangan Shinobi

Pemasangan Shinobi cukup mudah sekali, cukup menjalankan sebaris perintah dari root:

bash <(curl -s https://gitlab.com/Shinobi-Systems/Shinobi-Installer/raw/master/shinobi-install.sh)

Selanjutnya tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada di layar. Saya memilih mengambil dari branch development agar mendapatkan fitur-fitur terbaru sekaligus testing. Dokumentasi pemasangan secara lengkap bisa dibaca di sini.

Berikut hal-hal utama yang perlu dilakukan setelah pemasangan:

Peramban Firefox

Gunakan peramban Firefox. Karena peramban Chrome tidak mau bila ada https dan self sign. Juka untuk streaming beberapa video cctv. Firefox bekerja lebih benar dari pada Chrome. Enggak tau kenapa.

Masuk sebagai admin dan buat user

Kita perlu memasukkan url http://alamat-ip-shinobi-server:8080/super. User / Pass bakunya adalah admin@shinobi.video / admin. Dari halaman ini kita bisa membuat user baru untuk masuk ke dashboard shinobi server. Juga untuk mengganti password akun admin tersebut.

Super Admin
Super Admin

Shinobi Dashboard

Untuk masuk ke dashboard, buka peramban dan arahkan ke http://alamat-ip-shinobi-server:8080/ lalu masukkan username/password yang sudah dibuat tadi.

Menambahkan Kamera

Klik tombol + (Add Monitor). Di sini kamera disebut monitor. Lalu tinggal isikan parameter-parameter yang sesuai kamera. Saya mencoba sendiri dan ribet. Setelah beberapa kali percobaan, baru berhasil.

Menambah Kamera
Menambah Kamera

Ada cara gampangnya, melalui menu pojok kiri atas – ONVIF. Lalu isikan alamat ip dan klik tombol search. Secara pintar, shinobi bisa mendeteksi kamera dalam jaringan yang kombatibel ONVIF. Jika ketemu, akan ditampilkan deskripsi kamera, bahkan bisa tahu merek/modelnya. Lalu tinggal klik tombol bergambar 2 dokumen (seperti ikon duplicate).

Add Monitor - ONVIF
Add Monitor – ONVIF

Selanjutnya tinggal melengkapi/mengganti isian yang ditampilkan (sama dengan jendela Add Monitor). Tinggal disesuaikan saja atau langsung Save. Secara baku, kamera akan memiliki mode View Only. Kita bisa mengatur/mengganti modenya menjadi Record.

Dua Kamera/Monitor
Dua Kamera/Monitor

Power Video Viewer

Digunakan untuk melihat video yang sudah tersimpan terekam. Tombol ikonnya mirip seperti tag/point pada peta.

Video Viewer
Video Viewer

Seingat saya, Power Video Viewer ini yang tidak bisa di Chrome.

Dah itu dulu tulisan kali ini. Tulisan berikutnya saya akan jelaskan cara optimasinya.

 

*Featured image diambil dari http://getwallpapers.com/collection/hidden-leaf-village-wallpaper

Leave a comment