Radix Royal Edisi Saya

Kali ini saya akan membahas salah satu gitar dari koleksi saya. Gitar ini buatan Indonesia. Nasib baik, saya bisa punya edisi khusus dari merek beken ini.

Radix Guitars adalah merek gitar terkenal di Indonesia. Sudah lama berdiri. Saya sendiri pernah punya yang edisi awal-awal sampai akhirnya pindah tangan ke teman.

Selang beberapa waktu, nasib baik, berkah pertemanan,  saya dibuatkan oleh mas Toien (pemilik Radix Guitars) gitar sesuai selera. Saya mengambil bentuk dari Radix Royal. Berikut penampakannya:

Radix Guitars - Royal Special

Radix Guitars – Royal Special

Pembeda

Edisi ini memang berbeda dengan model aslinya, perbedaannya terletak pada knob, tremolo, 3 way switch serta headstocknya.

Headstock

The Headstock

Bridge yang terpasang di gitar ini adalah SyncroniZR, kebetulan saya punya part ini sejak lama, dan layak digunakan.

Setelah gitar ini datang (saat datang, barengan dengan gitarnya mas Andre Tiranda – Siksa Kubur, Radix Dogma berwarna hijau) saya mencoba-coba sekilas gitar baru saya ini. Sekilas pandang, ini OK. Secara estetika fisik, keren banget.

Hari berikutnya, saya perlu mengganti sepasang pickup yang sudah ada. Sebenarnya dari awal saya sudah diminta untuk mengirim sepasang pickup, namun tidak sempat mengirimkan. Jadinya diberikan pickup standar yang ada. Kenapa saya harus mengganti? ini karena selera saja, saya terbiasa menggunakan pickup Seymour Duncan Sh1 dan Sh4. Dari situ bisa saya buat acuan apakah suara dan rasa gitar ini sesuai ekspektasi saya. Ekspektasi saya adalah gitar ini berkarakter Brown Sound.

Saat mengganti, saya melakukan eksperimen, sama memiliki sepasang Seymour Duncan Sh1 dan Sh4 (ini berwarna hijau) juga memiliki Stranough Demonium yang konon suaranya mirip dengan Sh4. Jadilah saya mencoba sekalian, Sh1 di neck, Stranough Demonium di bridge.

Sh1 + Demonium

Sh1 + Demonium

Build Quality

Kesan pertama adalah keren banget, rapi dan cihuiy dah. Flame (veeneer) topnya bagus banget). Bagian belakang warna natural tanpa pelapis glosy, sehingga tangan akan merasakan kayu gitarnya.

Bodi

Bodi

 

Bodi Belakang

Bodi Belakang

Salah satu bentuk kerapiannya adalah saat bagian belakangnya terbuka (bagian penutup per tremolo). Sangat rapi dan halus. Berikut saya sertakan perbandingannya.

Bagian Belakang Radix

Bagian Belakang Radix

 

Bagian Belakang JEM77WDP

Bagian Belakang JEM77WDP

Kesimpulan

Gitar ini menurut saya sangat menyenangkan sekali. Enak dimainkan dan suaranya bener sesuai ekspektasi. Beberapa teman dekat saya ikutan mencoba dan semuanya mengakui. Salah satunya sudah memesan satu buah.

Sementara itu dulu deh, kalau ada yang kurang kalian bisa menanyakan dan saya akan memperbarui isi konten ini.

Advertisements

4 thoughts on “Radix Royal Edisi Saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s