Efek Gitar Murah Meriah

Sabtu, 12 September 2009 saya secara iseng-iseng googling untuk mencari efek gitar yang murah meriah. Setelah baca membaca sekitar 1 jam, saya berhasil menemukan Danelectro FAB Distortion yang harga resminya di Indonesia berkisar Rp 250.000,-.

Karena sudah kepingin merasakan efek tersebut, saya pergi keliling kota Banda Aceh untuk mencarinya. Asumsi saya adalah Banda Aceh ibukota propinsi. Harusnya hal semacam itu udah ada.

Dugaan saya memang tidak salah, yang salah adalah harganya. Efek tersebut memiliki harga Rp 575.000,-. Namun setelah proses tawar-menawar yang cukup lama, saya berhasil mendapatkan harga Rp 350.000,-. Sekedar informasi kepada rekan-rekan semua, harga alat musik di Banda Aceh memang sangat mahal. Bisa 2 sampai 3 kali dari harga sebenarnya. Saya sempat membandingkan sebuah gitar yang saya beli dari Jakarta dengan harga Rp 1.350.000,- termasuk ongkos kirim, di Banda Aceh harganya Rp 2.900.000,-. Mantab.

Danelectro FAB Distortion

Danelectro FAB Distortion

Efek ini dalam paketnya tidak menyertakan adaptor. Adaptornya dijual terpisah. Namun Anda bisa menggunakan baterai 9 volt.

Tanpa pikir panjang, langsung colok dilaptop dan direkam dengan Audacity untuk demo suaranya.

Test Suara dengan Audacity

Test Suara dengan Audacity

Contoh suara (ambil dari youtube) :

Untuk suara yang lebih enak didengar, mungkin bisa dikombinasikan dengan equalizer.

Karena awalnya adalah mencari efek dengan minimum budget, otomatis saya tidak ada equalizer, hanya bermodalkan laptop, dan speaker altec lansing dengan dukungan software CreoxC untuk ngambil efek Echo dan Phaser.

Namun saya masih belum bisa menggunakan CreoxC bersamaan dengan aplikasi suara lainnya, karena sound servernya menggunakan Jack bukan Pulse Audio.

Kalau ada kawan-kawan yang bisa solving problem tentang ini atau info lainnya, tolong kasih info ke saya ya.πŸ™‚

32 thoughts on “Efek Gitar Murah Meriah

    • praktis kalo cuman butuh distorsi kelas biasa. (udah dengerin contoh suaranya?)
      kalau untuk efek yang kompleks, kayaknya POD Pocket lebih praktis tuh.πŸ™‚

  1. entah ini pickup merek apa, bawaan dari tokonya sana.
    saya nge-custom kok, custom explorer. gambarnya ada di artikel sebelu yang ini.πŸ™‚
    aselinya pingin beli JEM, tapi bisa berantem nih sama istri.πŸ˜€

      • Kalo model gibson explorer kan head stocknya standar alias gak reversed (terbalik). Punya saya terbalik.
        Trus biasanya model tersebut make tremolo standar, sedangkan ini pake floyd rose updown.
        Udah liat gambarnya kan?

      • iya… cocok emang untuk heavy metal, cuman untuk speed metal masih kurang pas. itu aja udah gak standar, soalnya fretnya aku ganti dengan dunlop jumbo, jadi lebih enak kalo buat arpegio dan sweep agak cepat.

  2. saya jual baru 200 ribu fab echo danelectro butuh duit nih.soalnya kemaren beli fab 1 paket pas disusun pedalboardnya gak muat kalo mau hub: 083890829253 lokasi di kemayoran jakarta

  3. gue prnh bikin efek fuzz dari buku terbitan thn 1986. Setelah jadi, gw krg puas trus gw otak atik. Resistor pd penguat pertama di bag input gw jumper (resistor diganti kawat tembaga) & hasilnya kadar distortion meningkat & lbh ‘bright’, tp jd timbul noise (desis/desah). Persis fab distortion, cm bedanya fab dist lebih mendem. Nah, setelah gw denger suara fab dist yg bikin krg galak mungkin krn agak ‘mendem’. Kl mo sedikit repot mending bikin aja sendiri, penguat pertama pake transistor tipe 2N (mis 2N3055) jenis germanium (spy hemat tmpt). Total modal cuma 150rb.Sayang sjk gtr elektrik gw jual, gw ga prnh bikin fx lg. Googling aja, cr “booster schematic”, pilih skema distortion, print, trus bw ke tkg servis radio srh bikin kyk di gmbr.Pilih yg komponennya gampang dicari kyk IC 741, 4558.

  4. suaranya aku lum tau..tapi kemasannya lucu, kecil dan nyentil banget……………..mungkin mirip ds-1 ya…cuman drive agak tebal…danelectro..produknya bagus juga…sip dah…
    oya aq jg buat (kloning) fx gitar tube screamer TS-9 + Booster suaranya ada yang bilang mirip soundnya led zepplin..ada yang mau???

  5. Suaranya pecah seperti biasanya.saya biasanya ga langsung input ke PC tapi pake ampli dulu terus pake mike di tembak ke ampli.Cobain deh suaranya lebih bagus dan halus tidak pecah.

  6. kalo agan2 butuh fx stompbox analog yg murah2, knapa ga nyoba buatan behringer.. Buatan jerman. Rangenya luas, mcm2 distorsi, modulasi dll bnyk lah.. Harganya 300 sd 600an soundny jg ckp kren bwt hrg sgtu. Google aj, yah skdar info2 basi aja inimah..

    • terima kasih udah share. sepertinya keren-keren efeknya.
      cuman sekarang masih belum sempat nyobain efek-efek.πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s