Optimus dan Ironhide

Tulisan ini bukan tentang film Transformer, tapi ini tentang kartu grafis nVidia Optimus dan aplikasi pengontrol kartu grafis tersebut.

Seperti di dongeng saya sebelumnya tentang Asus U36SD, laptop jenis tersebut berkategori susah di Linux. Laptop tersebut memiliki kartu grafis sebanyak 2 unit, intel dan nvidia. Fitur ini konon diberi nama hybrid di mana ketika komputer bekerja secara ringan (dalam hal ini render grafis) maka kartu grafis intel yang dipergunakan. Ketika diberi beban pekerjaan yang berat, maka kartu grafis nvidia yang digunakan. Dengan fitur ini diharapkan penggunaan baterai bisa lebih lama.

Proses pemindahan kartu grafis tersebut dilakukan oleh aplikasi penggerak/driver secara otomatis. Namun ini hanya terjadi di Microsoft Windows 7. Tidak di sistem operasi lain, dikarenakan nvidia belum membuatkan penggeraknya untuk sistem operasi lainnya.

Ini bukan kali pertama saya mencoba Ironhide, namun percobaan sebelumnya gagal dan saya malas meneruskannya karena kecewa. Laptop yang dibenami RAM 8GB dan kartu grafis nVidia GeForce GT520M 1 GB tapi tidak sanggup memainkan game 3d yang paling rendah. Memalukan!

Niatan mencoba untuk kedua kalinya dikarenakan sebuah persepsi yang salah. Saya mengasumsikan bahwa inkscape bisa mengoptimalkan kinerjanya dengan bantuan kartu grafis. Semakin bagus kartu grafisnya, semakin bagus kinerja inkscape. Walau diakhirnya inkscape tidak terpaut dengan kartu grafis.

Untuk menggunakan Ironhide cukup mudah, tambahkan baris berikut ke dalam daftar repositori :

deb http://ppa.launchpad.net/mj-casalogic/ironhide/ubuntu natty main

Setelah itu lakukan :

$ sudo aptitude update
$ sudo aptitude install ironhide

Ikuti dialog yang muncul dan baca dengan baik.🙂

Untuk menjalankan ironhide (aplikasi yang membutuhkan kinerja kartu grafis nvidia), bisa dengan perintah seperti :

$ optirun torcs
$ optirun torcs

$ optirun torcs

Silahkan mencoba dengan aplikasi lainnya.

😉

7 thoughts on “Optimus dan Ironhide

  1. sekarang gak lagi make blankon rote mas? saya juga punya nih laptop dan pengen install blankon rote😀

    btw, di ubuntu namanya bumblebee, di blankon ironhide ya? tapi cara makenya sama optirun juga.. Pengembangnya sama mungkin ya😀

    • lagi pake blankon suroboyo unstable. pembuat bumblebee minggat dari project bumblebee, ganti ke ironhide. mirip-mirip sih. sekarang sudah gak pakai laptop yang itu lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s