Server CCTV dengan Shinobi Video – Bag. 1, IP Cam

Oprekan kali ini bermula dari lokasi proyek rumah yang kemalingan. Saat awal bangun, kemalingan genset, berikutnya beberapa minggu lalu, para tukang kemalingan handphone.

Saya memiliki cctv yang ada di rumah, subsidi dari Pak Bos yang memiliki perusahaan penjualan cctv. Yang sudah dipakai, sangat mudah dioperasikan. Just work. Namun kali ini sejak pandemi, saya kepikir untuk memanage cctv tersebut dengan linux, entah raspi atau pakai komputer-komputer spek rendah.

Sebelumnya, saya sama sekali tidak mengerti teknologi cctv beserta perabotannya. Namun sejak ngoprek ini, pengetahuan jadi bertambah. Awalnya hanya tau/nemu Shinobi Video saja, setelah itu bingung, harus bagaimana? cara koneksinya ke cctv bagaimana?

Dinamakan IP Cam, tentunya memiliki IP, umumnya, dari pabrikan diatur menjadi dhcp client. Sehingga dapat IP otomatis dari router/server dhcp. Saya dipinjami IP Cam oleh Pak Iwan Tahari. Dalam kardusnya tidak ada informasi apapun (buku manual juga tidak ada). Merek/Pabrikan pembuatnya juga tidak tahu. Jadi dengan coba-coba colokin aja ke router/modem yang ada di rumah, lalu diintip dapat IP berapa, nah itu dia tinggal dipanggil IPnya di peramban.

Continue reading “Server CCTV dengan Shinobi Video – Bag. 1, IP Cam”

Pasang ulang Weibu F3C – Endless Mini PC (unreleased)

Weibu F3C | Endless Computer

Saya mendapatkan komputer ini dari Baris, CEO Endless Solutions jaman saya masih jadi ambassador pada 2017. Sudah terpasang Endless OS dan berfungsi dengan baik. Beberapa hari ini saya memutuskan untuk mengganti OSnya dengan OS apapun yang memungkinkan.

Pengujian pertama dengan openSUSE Tumbleweed, pemasangan berjalan mulus, masuk desktop agak kacau dikarenakan layar HDMI dianggap sebagai layar extended. Jadi harus mengarahkan kursor yang tepat dan mengatur ulang layar beserta resolusinya. Setelah masuk desktop, wireless tidak bisa digunakan. ini sudah sesuai prediksi. Pasang firmware non-free juga tidak membuahkan hasil.

Pengujian berikutnya dengan Ubuntu 20.04 yang masih Beta. Hampir sama, perbedaannya hanya si Ubuntu sedikit lebih pintar mengenali layar dari pada openSUSE. Namun tetap perlu mengatur resolusi layarnya. Wireless juga sama-sama tidak bisa digunakan walaupun sudah memasang firmware non-free.

Continue reading “Pasang ulang Weibu F3C – Endless Mini PC (unreleased)”

Pergi ke FOSDEM 2020

Biar kayak orang-orang

Ini nulisnya telat banget, juga males nulis banyak karena udah telat. Intinya sih pingin pamer kalau berhasil pergi ke FOSDEM 2020 di Belgia. Dan seru-seruan bersama teman-teman TDF/LibreOffice.

TDF Board & MC
TDF Board & MC

 

Biar kayak orang-orang
Biar kayak orang-orang

 

Konser Brexit
Konser Brexit

 

Bawaan balik ke kampung
Bawaan balik ke kampung

Foto lainnya masih banyak sih, tapi ndak minat ditaruh di sini. 🙂
Perjalanan ini ditanggung sepenuhnya oleh The Document Foundation (kecuali pembelian oleh-oleh).

Journey to The Land of The Rising Sun

Shibuya Crossing

Japan is one of few countries that I want to visit before end of the world. I have a chance to visit Japan many times but canceled it because of several reason. This time, I have chance to visit Japan because LibreOffice Asia Conference. It’s first time Asia conference and also my first time in Japan.

Flight and Arrived

My flight to Japan was at May 23, 2019. At that time, it’s still in Ramadan (https://en.wikipedia.org/wiki/Ramadan). It’s my first time to visiting another country during Ramadan. Fasting along the flight gave me more experience. You can imagine when flight crew spread the meals to all passengers and they open the meals, the smell can blow up your mind. Probably that’s part of feeling of poor people that difficult to have food got smell from our food.

I’m lucky that Singapore Airlines crew treat me well when time to Iftar (https://en.wikipedia.org/wiki/Iftar). Arrived at Hostel near Kamata Station about 23.00, I feel the weather of Japan is good enough for me. I was amazed by several thing at the first day.

Day -1 of Conference

One of my reason going to Japan except for the conference, to buy Japanese guitar. Many stories about how good quality of Japanese guitar spread among musician. First trip starting go to Shibuya, found famous Hachiko statue and Shibuya crossing, then straight go to Ishibashi Music Store to sight seeing lot of guitars there. But can’t find which on is suitable for me, according to style, model and price.

Ishibashi Music Store
Ishibashi Music Store

Continue reading “Journey to The Land of The Rising Sun”