Bermain dengan Ardour dan Audacity di BlankOn

Tulisan ini dibuat sebenarnya gara-gara si pandu. Dalam tweetnya dia ingin bisa memainkan lagu Crying Machine milik Steve Vai. Saat si pandu nulis tweet tersebut, terbersit keinginan untuk mencoba lagi lagu itu. Ya, dulu pernah bisa, beberapa tahun lalu. Namun karena kesibukan jadi jarang main gitar, alasan lainnya ya karena sudah agak bosan dengerin lagu Steve Vai. Lebih tertarik ke Marty Friedman.

Hari ini (Minggu, biasane selalu di rumah dan pasti direcokin para krucil), pas Runa dan Rana tidur, saya sempatkan ambil gitar dan mencoba memainkan lagu tersebut. Bermodal Gitar Cort EVL-Z4, Digitech RP90, Laptop Asus U36SD dan BlankOn Linux beserta aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Langkah pertama adalah mencari backing track lagu tersebut, setelah itu dikonversi ke bentuk .wav. Kenapa ke wav? Karena Ardour bisanya menggunakan berkas .wav.

Langkah berikutnya adalah mencolokkan kabel dari gitar ke efek digital, kabel dari efek digital ke line in/microphone laptop. Selanjutnya membuka QjackCtl. QjackCtl adalah aplikasi grafis untuk menjalankan dan mengatur Jack. Apa itu Jack? Jack adalah sound server, di mana kita bisa melakukan semacam ‘routing’ audio.

Setelah Qjackctl dibuka, klik tombol Start untuk memulai. Klik tombol Connect untuk mengatur input dan output perangkat maupun aplikasi.

QjackCtl

QjackCtl

Selanjutnya, buka Ardour dan masukkan backing track, serta buat track kosong dengan nama tertentu. Track tersebut berguna sebagai layer suara gitar saya. Dalam contoh ini saya membuat track bernama ‘lead guitar’. Saya mengaturnya sedemikian rupa agar suaranya muncul.๐Ÿ˜€

Gambar-Layar-cryingmachine - Ardour

Gambar-Layar-cryingmachine - Ardour

Setelah proses rekaman selesai, export ke berkas .wav ato .ogg. Selanjutnya diperhalus dengan Audacity.

Audacity

Audacity

Sebenarnya dengan Audacity, kita juga bisa melakukan perekaman, namun saya entah kenapa kurang sreg saja. Masih nyaman menggunakan Ardour.๐Ÿ™‚

Bagi yang ingin denger permainan gitar saya yang gratul-gratul, silahkan unduh berkas ini.

3 thoughts on “Bermain dengan Ardour dan Audacity di BlankOn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s