BlankOn 6 Ombilin di Macbook Pro

BlankBook Pro 6

Sejak mengenal Linux, saya bercita-cita untuk membeli laptop yang mereknya buah tergigit ini. Setelah 2 tahun, cita-cita itu baru terwujud. Mewujudkannya pun sedikit memaksa biar momennya pas dengan rilis BlankOn 6 Ombilin.

Walaupun BlankOn 6 Ombilin masih dalam proses pengembangan (saat tulisan ini dibuat, baru keluar jahitan 2), dengan semangat 45 mencoba memasangnya di Macbook Pro.

Adapun langkah-langkah pemasangannya sebagai berikut :

  • Siapkan cd instalasi BlankOn 6 Ombilin. Saya menggunakan media CD karena saya tidak mengetahui, bagaimana cara booting melalui USB di Macbook Pro.
  • Ketika memasuki gfxboot, saya mematikan opsi splash dan quite. Hal tersebut hanya sekedar melihat apakah ada proses yang gagal atau galat ketika BlankOn 6 Ombilin booting sampai masuk ke desktop.
  • Setelah memasuki desktop, langsung menuju proses pemasangan. Dan lakukan pemasangan seperti memasang BlankOn pada umumnya, hanya pada saat pemilihan keyboard, saya memilih jenis USA – Macbook.
  • Setelah proses instalasi selesai dan sudah bisa masuk ke desktop, saya menggunakan panduan di https://help.ubuntu.com/community/MacBookPro5-5/Lucid agar perangkat-perangkat yang ada di laptop saya bisa bekerja dengan baik.

Selama proses pemakaian, saya merasakan bahwa suhu laptop dengan sistem operasi BlankOn lebih panas ketimbang menggunakan Mac OS X. Saat itu saya langsung teringat dengan tulisan mas Dedi Hariyadi di blognya. Tanpa berfikir panjang, saya ikuti panduan di http://milisdad.blogspot.com/2009/07/macbook-bisa-dingin-lewat-blankon-50.html dan suhu laptop pun dingin.

Catatan lain adalah penggunaan touchpad, dimana laptop tanpa embel-embel bonus sticker ini bisa ‘multitouch’. Saya menuju Sistem – Preferensi – Tetikus – Touchpad dan mematikan pilihan ‘Enable mouse clicks with touchpad’ (ini bahasanya belum diterjemahkan) serta memilih opsi ‘Menggulung dua jari’.

Hal terakhir sampai saat ini yang belum saya temukan adalah tombol ‘Home’ dan ‘End’. Dimana ketika menggunakan Mac OS X bisa menggunakan ‘sentuhan 3 jari’, di BlankOn saya belum bisa seperti itu.

6 thoughts on “BlankOn 6 Ombilin di Macbook Pro

  1. Saya juga ditanya barusan oleh pemakai Mac, dia mau hanya memasang Ombilin karena CD Mac nya hilang dan OSX nya saat ini sudah tidak bisa jalan. Tapi bgm cara untuk boot dari CD BlankOn ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s